Cara Mengambil Uang di ATM BRI / Mandiri / BNI / BCA serta Tips Keamanan

Cara mengambil uang di ATM – Ketika dahulu, apabila uang yang ada di dompet kehabisan di tengah perjalanan, akan membuat kamu kebingungan. Karena bila itu terjadi kamu perlu kembali ke rumah untuk mengambil uang lagi. Tentu ini dapat saja kamu lakukan kalau belum pergi terlalu jauh dari rumah. Tapi bagaimana apabila berada sangat jauh dari rumah atau luar kota? Itu sungguh merepotkan dan menghabiskan waktu kamu apabila itu dilakukan.

Untuk saat ini mungkin kejadian tersebut bisa di minimalisir. Kamu tidak perlu pulang pergi ke rumah hanya untuk mengambil sedikit uang. Kini masyarakat lebih dimudahkan oleh bank yang ada di Indonesia dengan mendirikan ATM di setiap sudut kota untuk mengambil uang.

Akan tetapi kebanyakan orang sudah memiliki kartu ATM lebih memilih datang langsung ke bank karena tidak mengetahui cara mengambil uang di ATM dan takut terjadi apa – apa pada mesin ATM.

Cara mengambil uang di ATM dan tips biar aman

Untuk itu kami coba membahas untuk para nasabah bagaimana cara mengambil uang di mesin ATM tanpa takut salah. Misal kartu ATM tertelan, salah memasukan PIN maupun resiko kesalahan yang lain.

Mari kita simak baik – baik dibawah ini

1. Pergi ke ATM terdekat yang sesuai

cara mengambil uang di atm bni

Langkah awal untuk mengambil uang di ATM, pastinya kamu harus mendatangi mesin ATM di kota kamu yang sesuai dengan penerbit kartu ATM atau bisa juga menuju ATM bersama.

Letak lokasi ATM pada umumnya berada di dekat kantor Bank sesuai nama ATM Bank yang kamu miliki. Pastikan mesin ATM yang kamu pilih masih bagus dan tidak ada pesan error.

2. Menuju ATM penarikan tunai

Cara Mengambil Uang lewat ATM Bank BRI disertai Gambar

Sesampai di gerai ATM pastikan kamu menuju ke ATM yang ada keterangan penarikan tunai. Sebab di ATM  pada umumnya terdapat dua jenis mesin ATM antara lain mesin ATM untuk setoran tunai dan penarikan tunai yang tentu fungsinya juga beda.

3. Memilih mesin ATM dengan angka 50 ribu atau 100 ribu


Bila kamu ingin mengambil uang dengan nilai pecahan 50 ribu pastikan diatas mesin ATM ada keterangan nominasi 50 ribu tersedia dan begitu juga bila 100 ribuan. Beberapa ATM kadang hanya menyediakan nominasi 100 ribuan saja. Jadi pastikan kamu sesuaikan antara memilih uang 50 ribuan atau 100 ribuan.

4. Memasukan kartu ATM


Masukan kartu ATM dengan posisi logo diatas pada slot di sebelah kanan agak bawah. Biasanya terdapat contoh gambar cara untuk meletakkan nya. Yang terpenting jangan sampai kamu memasukkan kartu ATM mu terbalik sebab akan berakibat fatal bisa – bisa kartu kamu tidak bisa keluar lagi.

5. Masukan PIN ATM dengan benar

cara mengambil uang di atm mandiri
Setelah kartu ATM terdeteksi pada mesin, kamu tinggal memasukan kartu pin ATM yang kamu dapatkan dari bank yang telah didaftarkan. Silahkan masukan pin ATM kamu dengan mengetik tombol nomor yang ada di bawah layar ATM.

Perlu kamu ingat juga berhati – hatilah ketika memasukan PIN sebab bila terdapat 3 kali kesalahan kartu ATM kamu terblokir dan perlu datang ke bank untuk mengaktivasi kembali.

6. Menentukan jumlah nominal penarikan


Apabila sudah berhasil memasukan  PIN dengan benar di layar mesin ATM akan muncul pilihan nominal yang dapat langsung kamu pilih. Minimal Uang yang dapat kamu tarik tunai pada mesin ATM ialah 50 ribu (apabila menggunakan ATM pecahan 50rb) dan 100 ribu (apabila menggunakan ATM pecahan 100rb).

Ada beberapa pilihan nominal uang yang dapat kamu pilih dengan mudah pada layar mesin ATM, jika ATM dengan nominal 100 ribu maka jumah yang muncul pada layar hanyalah kelipatan 100 ribu begitu juga dengan ATM yang dengan nominal 50 ribu di layar akan muncul kelipatan 50 ribu.

Selanjutnya tinggal pilih nominal yang tertera di layar dengan menekan tombol maka secara otomatis uang akan keluar sesuai pilihan. Apabila di dalam layar tidak tertera jumlah uang yang ingin kamu tarik bisa mengikuti langkah selanjutnya di bawah ini.

7. Pilih transaksi penarikan tunai


Jika di layar mesin tidak tertera jumlah uang yang ingin kamu tarik, kamu bisa pilih opsi menu “Transaksi lainnya” selanjutnya “Penarikan Tunai” kemudian ketik jumlah nominal yang ingin ditarik. Misalnya 800.000 atau 1.250.000. Tekan tombol OK untuk mengakhiri proses tersebut.

8. Mengambil Uang


Uang akan otomatis keluar sesuai dengan jumlah nominal yang kamu pilih pada langkah ke 6 atau langkah 7 yang kamu ketikan seberapa besar jumlah yang ingin kamu ambil.

12. Mengambil struk

cara mengambil uang di atm bersama
Sebelum langkah ini umumnya pada layar mesin terdapat konfirmasi yang hendak kamu pilih untuk sekalian mencetak struk bukti transaksi atau tidak. Apabila memilih “Ya” dipastikan akan keluar setelah uang kamu juga keluar.

13. Konfirmasi akhir transaksi


Kemudian setelah mengambil uang dan struk kamu ambil. Mesin ATM secara otomatis akan memunculkan pesan lagi apakah ingin melakukan transaklai lain atau tidak. Jika semua transaksi sudah selesai kamu lakukan pilih saja opsi “tidak” untuk mengakhiri transaksi.

14. Ambil kartu ATM

cara mengambil uang di atm bca
Tahap terakhir tinggal mengambil kartu ATM pada awal tempat kamu masukkan kartu di awal tadi. Jangan sampai lupa untuk tidak mengambil kartu ATM.

Sangat gampang bukan, cara mengambil uang di ATM.  Tidak terlalu rumit dan cukup sederhana, yang terpenting hati – hati dan tidak perlu tergesa – gesa. Jika uang pada ATM tidak bisa diambil kemungkinan besar memang telah mencapai batas minimal saldo bank, jadi perlu mengurangi jumlah nominal atau mengecek ulang jumlah saldo yang kamu miliki.

Dengan begini kamu tidak perlu kebingungan lagi apabila kehabisan uang di luar kota dan ini bisa menjadikan kamu bepergian tidak perlu membawa uang tunai terlalu banyak untuk meminimalisir kehilangan ataupun kejahatan.

Leave a Comment