Contoh Pidato Singkat yang Mudah Dihafal [TUGAS SEKOLAH]

Pidato adalah suatu kegiatan orasi atau menyampaikan pendapat di depan orang banyak atau memberikan gagasan mengenai suatu hal. Tujuan pidato adalah untuk memberikan suatu gagasan suatu hal kepada banyak orang.
Seseorang dalam berpidato merupakan hal yang menantang dan menyenangkan yang menjadikan pidato adalah hal yang gampang, namun ada sebagian orang yang mengaggap berpidato suatu hal yang menakutkan. Bahkan orang yang menganggap menakutkan akan merasa keringat dingin, gugup dan cemas.

Terkadang dalam berpidato seseorang perlu menyiapkan teks kecil atau langsung menunangkan buah pikiran yang ada dalam otaknya. Untuk kamu yang masih pemula pidato perlu membuat ringkasan apa yang akan disampaikan dan menambah jam terbang untuk berlatih.

Contoh Pidato Singkat

Kami disini akan berbagi beberapa contoh pidato singkat yang sesuai dengan tema – tema yang ingin kamu sampaikan seperti, Pidato tentang acara perpisahan sekolah, pidato tentang pendidikan, pidato tentang narkoba atau pidato tentang kebersihan.

Pidato Singkat Tentang Perpisahan Sekolah

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Hadirin yang saya hormati,

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Sebab dengan karunianya kita bisa menghadiri acara ini dalam rangka pelaksanaan acara pembukaan perpisahan sekolah.
Saya disini mewakili seluruh siswa mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini dan para undangan yang hadir dalam acara istimewa ini. Terutama para orang tua siswa, guru-guru, kepala sekolah, staf sekolah serta teman-teman semua.

Hadirin yang saya hormati,

Tak terasa sudah banyak waktu yang telah kita lewati bersama sampai hari ini, tibalah kita di depan gerbang perpisahan dan meneruskan perjalanan dan cita – cita masing. Banyak begitu kenangan dan ilmu yang telah kami peroleh di sekolah ini dan semoga kita terus menjalin silaturahmi.

Kami ucapkan banyak terima kasih pada guru – guru yang telah sabar untuk mendidik kami dalam kebaikan dan mengajarkan ilmu. Kami tidak akan bisa membalas jasa – jasa yang telah kau berikan, hanya ucapan terima kasih dan doa semoga mendapatkan balasan yang lebih baik.

Di setiap ada pertemuan, pasti akan adanya perpisahan. Saya berharap agar perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya. Kami akan selalu mengenang, menjalin silaturahmi dan menjaga nama baik sekolah tercinta ini. Kami menyadari sebagai siswa pasti memiliki kesalahan dan kekurangan yang mungkin membuat bapak ibu guru jengkel, kami memohon beribu-ribu maaf.

Demikianlah sambutan yang dapat saya sampaikan, saya perwakilan dari siswa kelas ( ) mendoakan agar dapat meraih cita – cita dan tetap bersemangat.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Pidato Singkat Tentang Pendidikan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini marilah kita mengucapkan syukur kepada Allah SWT. Atas segala taufiq dan hidayah-Nya kita semua dapat hadir dalam acara peringatan hari pendidikan nasional.

Hadirin yang saya hormati.

Seseorang dalam mencari ilmu tidak boleh merasa sombong dan merasa pintar. Sebab kedua orang yang memiliki sifat tersebut akan sulit memahami ilmu yang disampaikan. Ilmu seseorang hanyalah sebuah titipan oleh Allah, untuk menguji para hambanya. Apakah digunakan dengan baik atau buruk? Memang selayaknya sebagai manusia kita perlu mengamalkan ilmu yang telah kita pahami kepada orang lain.

Hadirin yang saya hormati.

Dalam menuntut ilmu memiliki banyak keutamaan salah satunya adalah akan dimudahkan dan dibimbing dalam jalan kebaikan. Sungguh sangat pentingnya bagi orang yang mencari ilmu, sehingga seseorang tersebut mendapatkan ilmu pengetahuan yang luar biasa. Begitu pula dengan orang yang mengajar memiliki peran yang lebih penting. Ada yang mengatakan orang yang mengajarkan ilmu pengetahuan nya kepada orang lain walau hanya beberapa jam akan lebih disukai oleh Allah ketimbang orang yang beramal selama ribuan tahun.

Itulah yang dapat saya sampaikan, semoga memberi manfaat apa yang telah kita pelajari bersama dan semoga mendapat ridha dan kasih sayang dari Allah. Amin.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Pidato Singkat Tentang Narkoba

Assalamualaikum Wr. Wb.

Para hadirin yang saya hormati.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita senantiasa mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala nikmat dan rahmatnya yang telah memberikan kesehatan dan bisa menghadiri dalam forum penerangan bahaya narkotika.

Hadirin yang saya hormati.

Penyalahgunaan pengonsumsian narkoba merupakan suatu kegiatan melawan hokum dan juga perbuatan tidak terpuji. Mengkonsumsi narkoba akan menimbulkan banyak kejahatan.

Hadirin yang saya hormati.

Oleh sebab itu janganlah sekali kali mengkosumsi narkoba, karena meskipun kamu mengkonsumsi sekali pasti akan menimbulkan ketagihan dan akan membuatmu rugi seumur hidup. Janganlah kita hidup di dunia ini terlalu bergantung pada obat – obat berbahaya yang membahayakan pada tubuh kita.

Marilah kita bersama – sama menjaga putra – putri bangsa, kita dapat memulainya dari hal kecil untuk memberikan bimbingan kepada adik – adik dan lingkungan di sekitar kita. Kami sangat tidak berharap kepada generasi penerus kita yang kehilangan cita – citanya hanya dengan penyalahgunaan narkoba ini.

Itulah sedikit hal yang saya dapat berikan, bila ada salah kata atau ucapan yang kurang berkenan, saya mohon maaf yang sebesar – besarnya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Leave a Comment