√ Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja! Alasan Masuk Akal

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja – Contoh surat permohonan izin di kantor sekarang ini memang banyak dicari. Hal ini  wajar saja karena semakin banyak institusi merasa harus memiliki standar operasional prosedur di kantornya supaya roda kepemimpinan seimbang. Terutama bagi pengabdi negara seperti pegawai negeri sipil pasti ada tuntutan untuk senantiasa tertib aturan. Tak kalah perusahaan pemerintah maupun swasta juga tegas memberlakukan permohonan izin sebagai salah satu kode etik instansi. Terkait dengan kewajiban izin tersebut, pegawai yang baik tidak akan merasa terkekang atau terbebani karena ia sadar meminta izin merupakan wujud dari profesionalitas dan sikap menghargai orang lain serta lingkungan.

Yang jadi masalah adalah ketika Anda memiliki agenda mendesak yang benar-benar tidak bisa ditunda atau diwakilkan namun masih ada jam kerja. Kemungkinan pula Anda tidak bisa memenuhi keseluruhan jam kerja karena riwayat sakit yang Anda miliki tiba-tiba kambuh. Memaksakan diri bukan tindakan yang memperlihatkan Anda seorang kuat, justru tindakan tersebut dapat membahayakan hasil kerja maupun kesehatan Anda jangka panjang. Lebih baik membuat surat izin tidak masuk kerja saja kepada atasan. Meminta izin karena kondisi darurat tidak akan membuat Anda dicap sebagai pekerja pemalas.

Sebelum menuju contoh surat izin tidak masuk kerja, sebaiknya Anda mengetahui dulu definisinya. Surat izin tidak masuk kerja adalah surat yang dibuat oleh individu dan ditujukan pada instansi tempat dia bekerja. Surat ini berisi permohonan izin tidak masuk kerja dengan disertai alasan konkrit. Perusahaan tidak menyediakan soft copy khusus untuk izin karyawan. Nantinya, atasan Andalah yang menentukan apakah Anda layak dimaklumi atau tidak.


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Urusan Keluarga


Surabaya, 03 Juli 2017

Hal : Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Kepada Yth.

Bapak / Ibu Kepala Personalia PT. Hidayati

Di

Tempat.

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama       : Ahmad Yusuf

Alamat     :  Jalan Mawar 6

Jabatan    :  Staff Administrasi

Dengan surat ini saya bermaksud untuk meminta izin cuti selama 1 (satu) hari pada tanggal 04 Juli 2017 dikarenakan mempunyai hajat besar yaitu menikahkan putri pertama saya.

Demikian surat izin ini saya buat dengan sebenarnya, Atas perhatian dan pengertiannya saya ucapkan  terima kasih.

Hormat saya,

Tanda tangan
( Ahmad Yusuf )


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit


Perihal      : Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Lampiran  : 1 (satu) lembar

Kepada Yth.,

Bapak Kepala HRD PT Kayangan

Di

Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama      : Siti Jubaedah

Alamat    : Jalan Kopi Luwak Nomor 45

NIK          : KAY76481826

Jabatan   : Kepala Office Boy

Dengan surat ini saya bermaksud mengajukan permohonan izin untuk tidak masuk kerja selama 4 (empat) hari, dimulai 12 Agustus 2017 sampai tanggal 15 Agustus 2017 dikarenakan sakit. Permohonan izin ini saya buat sesuai hasil pemeriksaan yang tertera pada Surat Keterangan Dokter sebagaimana terlampir.

Demikian surat izin ini saya buat, semoga dapat dijadikan maklum adanya. Atas perhatian dan izin yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Jakarta, 11 Agustus 2017

Hormat saya,

Tanda tangan
( Siti Jubaedah )


Atasan yang baik tidak akan mempekerjakan pegawainya tanpa mengindahkan kode etik profesionalitas dalam pedoman kesehatan dan keselamatan kerja. Bahkan pemimpin hebat kadang-kadang lebih banyak membangun interaksi personal dibandingkan menekan pegawai menuntaskan jam kerja. Tapi jangan mentang-mentang boss memaklumi, lantas Anda menyalahhgunakan kepercayaan ini. Tetap berilah batasan tegas mulai kapan sampai kapan Anda izin tidak masuk kerja sebagai bentuk dari tanggungjawab Anda dalam bertugas.

Memang ada saja pimpinan perusahaan yang tidak mentolerir kondisi kesehatan pekerjanya. Entah memang sudah menjadi sifat atau baru menekan setelah mendapatkan orderan banyak sehingga membuat keteteran jika ada pekerja yang tiba-tiba izin tidak masuk. Kalau sudah begini resikonya Anda menyediakan pengganti Anda pada hari izin supaya boss Anda tidak terlampau pusing mengatasi orderan pelanggan tanpa bantuan Anda.

Poin – poin penting dalam membuat surat izin tidak masuk kerja:

  1. Identitas

Selalu cantumkan identitas beserta jabatan Anda dengan jelas. Pencantuman ini sangat penting untuk pimpinan Anda mengetahui staffnya yang memohon izin lalu mendelegasikan tugasnya kepada staff yang lain.

  1. Alasan

Apa alasan yang membuat Anda terpaksa tidak masuk kerja? Jangan sampai alasan ini tidak logis. Justru boss Anda akan merasa curiga sehingga memberi penilaian buruk kepada Anda meskipun beliau memberikan izin.

  1. Justifikasi

Ingat, bukti penguat dapat meyakinkan pimpinan yang bersifat disiplin. Misalkan Anda sedang sakit cukup parah, Anda sertakan saja surat keterangan dokter yang menyuruh Anda harus istirahat selama sekian hari. Jika tidak ada surat keterangannya, Anda bisa memintanya. Yang terpenting Anda memang sedang butuh istirahat dari pekerjaan supaya stamina kembali fit. Jangan hanya diakibatkan oleh batuk atau pilek ringan Anda tidak datang ke tempat kerja.

  1. Kepastian

Kepastian memang penting dalam semua hubungan, bukan hanya hubungan pra nikah, tapi juga dalam pekerjaan. Hargailah atasan Anda dengan cara memberi kepastian berapa lama Anda butuh waktu istirahat. Jika Anda izin akibat sedang menyelenggarakan hajat keluarga semisal pernikahan atau ada anggota keluarga yang meninggal, silahkan diberi keterangan juga sampai kapan izin tidak masuk kerjanya.

Leave a Comment