27+ Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Sopan (Lengkap)

Contoh surat pengunduran diri – Dalam bekerja menemui adanya orang yang mengundurkan diri sudah hal biasa ini disebabkan karena berbagai alasan, bisa jadi karena sistem, gaji yang kurang memadai atau ingin mencoba berwirausaha.

Surat pengunduran dibuat untuk menunjukan kepada atasan bahwa kita berterimakasih telah diberi kesempatan kerja di tempat tersebut dan memohon untuk mundur secara resmi.

Terkadang pihak perusahaan meskipun telah membuat pengunduran diri belum tentu langsung disetujui karena pihak perusanaan ingin mengetahui latar belakang untuk resign.

Penguran diri adalah memberitahukan informasi dari karyawan ke pihak perusahaan untuk meminta berhenti dalam pekerjaan yang dilakukan. Pembuatan surat pengunduran diri haruslah baik – baik dan sopan dan tak lupa untuk menyertakan alasan.

Beberapa alasan yang membuat karyawan mengundurkan diri adalah

1. Ingin mencoba pekerjaan baru
2. Adanya faktor keluarga yang mengharuskan berhenti
3. Berwirausaha
4. Sistem perusahaan yang tidak mendukung
5. Kesehatan yang mulai melemah
6 Desakan dari warga sekitar

Cara membuat surat pengunduran diri

1. Isi surat jelas
2. Alasan pengunduran diri yang jelas
3. Mengucapkn terimakasih
4. Mengucapkan permintaan maaf
Hal yang harus diperhatikan
1. Mendapatkan pekerjaan tetap
2. Pengunduran diri secara resmi
3. Percaya diri

Berikut ini contoh surat pengunduran diri yang perlu kamu ajukan terlebih dahulu ke pihak perusaahaan.

Magetan, 19 Mei 2017

Kepada Yth,
Dir. HRD PT Maju Jalan
Di
Tempat

Dengan Hormat,
Melalui surat ini saya sebagai karyawan PT Maju Jalan berdasarkan Undang – Undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama              : Budi Wijawaya
Perusahaan    : PT Maju Jalan
Jabatan           : Sekertaris
No Karyawan : 0727

Mengajukan pengunduran diri dari PT Maju Jalan dengan alasan keluarga pindah tempat tinggal yang menjadikan saya tidak bisa bekerja di PT. Maju Jalan. Surat ini saya buat sesuai prosedur hubungan indistrial dan tanpa alasan negatif. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak -hak saya sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenarnya. atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

(Budi Wijaya)

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang kedua

Tulungagung, 20 Mei 2017

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Mulia Sekali
Di
Tempat

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya James Waluyo bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Mulia Sekali sebagai bendhara, terhitung sejak tanggal 20 Mei 2017.

Saya mengucapkan terima kasih banyak terhadap kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di (PT. Mulia Sekali . Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan pihak PT. Mulia Sekali apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap selalu, PT. Mulia Sekali dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat Saya,

(James Waluyo)

Kepada Yth,
Dirktur PT Andalan Sejati
di
Tempat

Dengan Hormat,
Bersama surat ini saya yang bertanda tangan dibawah ini mengajukan permohonan surat pernyataan pengundurkan diri sebagai Administrasi dari PT Andalan Sejati Cabang Madiun terhitung sejak tanggal 20 Mei 2017. Hal ini saya sampaikan karena alasan kesehatan yang mengharuskan saya butuh istirahat cukup lama.

Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah diberikan.kepada saya untuk bekerja di PT Andalas Cabang Medan Tak lupa saya mohon maaf kepada jajaran manajemen PT Andalan Sejati Cabang Madiun.

Apabila terdapat perilaku yang tidak baik yang telah saya lakukan selama bekerja, Saya berharap PT Andalan Sejati Cabang Madiun menjadi perusahaan yang terus maju dan terbaik.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar – benarnya. Atas perhatian dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Bejo Bastian

Kepada, Yth
HRD Manager
PT. Sana Sini Senang
Di
Tempat

Dengan Hormat
Melalui surat ini saya Wakijo Alex bermaksud mengundurkan diri dari PT. Sana Sini Senang sebagai Customer Service, terhitung sejak tanggal 20 Mei 2017

Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di perusahaan yang Bapak pimpin. Saya meminta maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Sana Sini apabila terdapat kesalahan yang saya lakukan selama bekerja

Saya berharap PT. Sana Sini Senang dapat terus berkembang dan mendapatkan yang terbaik.

Hormat Saya

Wakijo Alex

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Budi Pekerti
Di
Tempat

Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya Fino Bastian bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Budi Pekerti sebagai Marketing Manager, terhitung sejak tanggal 20 Mei 2017.Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Budi Pekerti.

Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT. Budi Pekerti apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap selalu, PT. Budi Pekerti dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat Saya,

Fino Bastian

Surat pengunduran diri diatas dapat kamu jadikan inspirasi sebelum keluar dari pekerjaanmu sebab kamu telah mendapat gaji dan pengalaman yang telah didapatkan di perusahaan yang telah anda lalui di masa lalu. Jadi jangan lupa ucapan terimakasih dan minta maaf perlu dicantumkan.

Memberikan surat pengunduran diri terlebih dahulu ke perusahaan dapat membatu agar pihak yang ditinggalkan bisa segera mencari posisi baru yang telah kamu tinggalkan. Bila kamu sudah keluar jabatan yang telah kamu tinggalkan sudah ada yang baru dengan begitu tidak ada pihak yang dirugikan.

Leave a Comment