√ 47 Contoh Teks Anekdot Lengkap Beserta Pengertian, Jenis dan Strukturnya

CONTOH TEKS ANEKDOT – Mendengarnya mungkin membuat bingung beberapa generasi zaman now yang tidak memiliki minat  di dunia literasi. Jadi sebenarnya teks anekdot adalah salah satu bagian dari pelajaran Bahasa Indonesia populer dan kalau mau membaca, teks anekdot tidak sulit dijumpai pada media massa baik cetak maupun online. Dulu sebelum manusia ketergantungan pada internet, teks anekdot banyak dimuat di koran. Tapi berbarengan dengan zaman yang semakin berkembang dengan tekhnologi mutakhirnya, teks anekdot bermunculan di media sosial.

Ngomong-ngomong tentang media sosial, orang banyak mencurahkan isi hati, kesibukan, kritik dan saran untuk pihak tertentu. Nah, teks anekdot ini bisa menjadi salah satu pilihan cara mengekspresikan kritikan dengan bahasa berisi tapi terkesan lucu, tidak membuat tersinggung si penerima kritikan apalagi sampai menciptakan suasana tegang. Lalu apa dan bagaimana sebenarnya teks anekdot itu diciptakan? Mari mengenalnya lebih dalam.

Perlu ditekankan lagi, secara umum teks anekdot dipahami sebagai cerita yang lebih singkat dari cerpen dan memuat unsur humor serta dibuat dengan tujuan mengkritik pihak tertent. Topik anekdot berkisar seputar kehidupan sosial, kelayakan pelayanan publik, dinamika politik dan lingkungan.

Pasti Anda pernah menemui cerita semacam deskrispsi di atas. Singkat, lucu tapi tajam untuk menjadikan orang lain intropeksi. Jika iya, itulah anekdot. Selain dimengerti sebagai cerita singkat, kadang kala ada pembuat anekdot yang lebih suka menuangkan kritikannya dalam bentuk dialog dengan dua orang pelaku. Jadi dari sini kita memahami yang disebut anekdot dapat berbentuk dialog maupun narasi asalkan tetap memiliki nilai humor dan amanat bagi pihak tertentu. Yang paling penting, anekdot bersifat objektif sehingga yang disampaikan adalah kebenaran bukan pesanan.

Mengenali Struktur Anekdot

Setelah tahu apa sebenarnya anekdot, penting untuk memahami strukturnya pula. Mengapa harus ada struktur? Bukankah isinya humor yang santai? Tujuan anekdot memiliki struktur yaitu supaya teksnya lebih rapi dan memiliki wujud jelas. Ada 5 unsur wajib yang harus ada dalam anekdot, yaitu:

  1. Keberadaan Abstrak

Bukan hanya esai atau artikel ilmiah saja yang harus diberi abstrak untuk mempermudah pembaca dan indeks karya tulis. Ternyata walaupun singkat, harusnya abstrak ada di bagian awal anekdot dengan tujuan kurang lebih sama dengan abstrak pada karya tulis lainnya.

  1. Pengenalan

Dalam bahasa ilmiah, bagian pengenalan ini disebut orientasi. Yaitu permulaan cerita yang berisi latar belakang serta alasan peristiwa penting dalam alur cerita bisa bermula.

  1. Krisis Anekdot

Jika karya sastra memiliki konflik, maka anekdot mempunyai krisis. Krisis pada anekdot berisi pokok masalah utama yang mempunyai keunikan sehingga menarik diperhatikan lebih lanjut.  Krisis ini boleh jadi dialami oleh penulis sendiri atau kejadian di sekitar yang membuat penulis resah.

  1. Reaksi Krisis

Setelah krisis anekdot terjadi, ada reaksi yang diberikan sebagai timbal balik. Reaksi ini berperan sebagai pelengkap pencarian solusi terhadap permasalahan yang ada namun tetap memiliki ciri khas lucu.

  1. Koda Anekdot

Unsur terakhir dalam struktur anekdot adalah koda. Koda ini berfungsi sebagai penutup rangkaian cerita anekdot.

Ciri-ciri Teks Anekdot

Selain memiliki struktur, mengenali karakteristik teks anekdot akan membantu Anda memahami ataupun membuat contohnya. Adapun karakteristik anekdot adalah sebagaimana berikut:

  1. Mirip Perumpamaan

Dalam struktur teks anekdot, perumpamaannya banyak mirip dengan dongeng. Hal ini disebabkan anekdot yang lahir dari karangan penulis dengan imajinasi tinggi tapi diangkat atau terinspirasi kejadian nyata di lingkungan sekitar.

  1. Figurnya Penting

Sebuah anekdot lahir dari fenomena nyata. Tak heran jika karakteristiknya terletak pada figur. Tokoh masyarakat atau orang penting kerap diangkat menjadi topik dalam anekdot. Terutama para politisi dan pemerintah yang setiap gerakannya memengaruhi kehidupan orang banyak.

  1. Lucu Sekaligur Satir

Humor yang satir tidak mudah dibuat. Itulah mengapa membuat anekdot tidak begitu dikuasai sebanyak orang membuat puisi. Topik yang diangkat umumnya adalah rahasia umum yang memang perlu ditohok lagi supaya pihak yang bersangkutan tidak terus berdiam diri.

  1. Punya Moral

Bernada satir bukan berarti mengejek habis-habisan sampai membuat target malu di depan umum. Dalam anekdot memang ada kritik yang terselip, tapi karena dibungkus dengan selera humor yang dapat menyentuh semua lapisan masyarakat maka kritikan ini dapat diterima dengan baik.

Tujuan Anekdot

Ternyata penulisan anekdot tidak hanya untuk mengkritik saja. Apakah Anda ingin tahu? Simak penjelasannya.

  1. Media pemuas para pencari hiburan
  2. Menyadarkan pihak berwenang agar segera mengambil tindakan
  3. Menambah cerita untuk anak cucu lalu menyemangati perjuangan mereka nantinya
  4. Sedekah karena membuat banyak orang tertawa
  5. Menghibur orang-orang yang terlalu serius menempuh jalan formal mengatasi masalah terkait

Cara Membuat Teks Anekdot

Membuat anekdot pun tidak bisa sembarangan langsung corat-coret kecuali Anda sudah memiliki jam terbang tinggi.

  1. Judul

Bagian atas dari anekdot yaitu judul. Bagaimana Anda bisa membuat karangan jika judul atau topiknya saja belum tahu. Selalu pilih judul-judul yang sekiranya menarik supaya nanti lebih banyak pembaca. Berita paling hangat hari itu bisa diangkat menjadi teks anekdot.

  1. Referensi

Kemiripannya dengan karya tulis ilmiah adalah referensi. Bedanya referensi dari teks anekdot ini tidak harus berupa buku atau jurnal penelitian. Anda boleh pergi ke warung kopi, menjalin percakapan dengan mereka lalu mendapatkan pengalaman lucu atau unik lainnya. Sehingga ketika Anda menceritakan kembali, Anda bisa menebak bahwa pembaca akan terhibur sekaligus terpengaruh oleh pesan moral anekdot.

  1. Amanat

Sebelum Anda menulis anekdot, pastikan setidaknya Anda sudah tahu akan menulis apa. Maka dari itu harus ada amanat alias pesan moral anekdot yang ditentukan sebelum pembuatannya. Jangan sampai hanya nilai lucunya saja yang ditangkap pembaca tapi nyatanya anekdot Anda miskin amanat.

  1. Kelucuan

Jangan melupakan unsur humor dalam anekdot. Tulis saja pengalaman Anda atau orang lain yang menurut Anda akan membuat perut Anda sakit akibat tertawa berlebihan.

 Kaidah Teks Anekdot

Terakhir ialah kaidah dari teks anekdot. Kaidah ini masih berkaitan dengan struktur dan ciri-ciri seperti tadi yang sudah dibahas di atas. Sekarang tambahan informasi bagi Anda. Teks anekdot pun memiliki kaidah bahasa yang masih dipegang pada saat menulis cerita anak. Apa Anda bisa menebak isi kaidah tersebut?

  1. Bahasanya menggunakan pilihan kata retorik, kreatif dan efektif sehingga lebih mudah dipahami.
  2. Penulisannya harus sesuai dengan struktur seperti penjelasan sebelumnya.
  3. Menyatakan kejadian secara detail sampai bagian-bagian dari suatu peristiwa menggunakan konjungsi atau kata hubung.
  4. Menggunakan Past Tense atau kata keterangan waktu lalu.
  5. Menggunakan predikat alias kata kerja.
  6. Menggunakan kalimat perintah atau kalimat yang tampak seperti memerintah.
  7. Disusun berangkai seperti cerita yang saling berkaitan secara urut.

Sesudah mendapatkan penjelasan seperti tadi, apakah ada yang masih Anda bingungkan mengenai teks anekdot? Anda boleh mencari contoh anekdot di koran pagi atau internet. Tapi anekdot yang sudah dimuat koran biasanya lebih berbobot dan relevan dengan kondisi saat ini.

 

 

1 thought on “√ 47 Contoh Teks Anekdot Lengkap Beserta Pengertian, Jenis dan Strukturnya

Leave a Comment