cara membuat vas bunga dari sedotan

√ 55+ Kerajinan Tangan dari Sedotan yang Mudah Dibuat!

Kerajinan Tangan dari Sedotan – Bagi anda yang gemar melakukan hobi kerajinan tangan dari bahan bekas, pasti tak asing dengan kerajinan tangan dari bahan bekas sedotan. Sedotan yang biasa kita temui di tempat-tempat jual minuman dan menjadi alat khusus untuk membantu seseorang dalam menikmati minuman yang disajikan ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan.


Macam-Macam Kerajinan Tangan dari Sedotan

Di tangan seseorang yang kreatif, sedotan dapat dijadikan berbagai kreasi unik yang bermanfaat dan dapat dijadikan hiasan rumah yang cantik. Contohnya adalah kreasi bunga dan beberapa barang bermanfaat yang terbuat dari sedotan bekas. Sedotan banyak sekali dikreasikan menjadi bunga, namun tidak menutup kemungkinan untuk dikreasikan menjadi beragam barang-barang unik dan cantik.

Cara pembuatannya pun tidak sulit dan cukup mudah untuk dilakukan. Namun diperlukan kesabaran dan ketelitian dalam pembuatannya agar kreasi barang yang dihasilkan berbentuk rapi dan cantik sehingga enak dipandang mata.

1. Vas bunga

cara membuat vas bunga dari sedotan

Membuat rangkaian bunga yang cantik tentu memerlukan vas agar bisa menaruh rangkaian bunga yang telah dibuat. Vas bunga yang cantik tidaklah harus dibeli di tempat-tempat yang mahal. Anda bisa membuatnya sendiri menggunakan bahan sedotan. Pilihlah jenis sedotan dengan dua warna di satu sedotannya agar mendapatkan kombinasi warna yang baik dan sepadan. Cocokkan juga dengan warna bunga yang anda rangkai.


2. Kerajinan Tirai dari Sedotan

cara membuat tirai dari sedotan

Tirai merupakan hiasan yang bagus untuk kamar terutama di jendela. Memiliki tirai yang indah dapat menambah kesejukan dan menaikkan mood saat sedang belajar di kamar. Siapa yang tahu ternyata sedotan juga bisa digunakan untuk membuat tirai yang cantik dan indah, dihiasi oleh bunga-bunga yang terbuat dari sedotan juga.

Untuk membuat kerajinan tirai dari sedotan sebagai berikut:

  • Buatlah beberapa bunga (yang dibuat dari sedotan) terlebih dahulu untuk dibuat rangkaian nantinya.
  • Kemudian siapkan potongan-potongan sedotan yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian. Siapkan juga benang jarring.
  • Susun secara selang-seling yaitu bunga dan potongan sedotannya, kemudian sambungkanlah menggunakan benang jaring.
  • Gantungkan susunan tersebut pada gantungan tirai pintu atau jendela.

3. Tempat Pensil dari Sedotan

cara membuat Tempat pensil dari sedotan

Punya pensil dan peralatan tulis yang berserakan di meja belajar dan tidak tersusun dengan rapi? Anda membutuhkan tempat pensil di atas meja untuk menanggulangi masalah tersebut. Sedotan dapat dipakai untuk membuat hiasan tempat pensil juga loh! Yang anda perlukan adalah sedotan dengan tipe mengkerut seperti pada gambar.

Biasanya terdapat pada kemasan-kemasan minuman. Anda juga membutuhkan botol air mineral yang sudah anda gunting tengahnya kira-kira ¼ bagian dari bawah botol.

Untuk membuat tempat pensil dari sedotan, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Ukur sedotan dengan panjang potongan botol yang sudah dipotong.
  • Runcingkan salah satu ujung sedotan dan samakan panjangnyan dengan botol lainnya
  • Cat bagian dalam botol tersebut dengan warna sesuai selera.
  • Sambung semua sedotan tersebut satu sama lain menggunakan lem hingga membentuk “www”.
  • Berikan ornament pada pinggir sedotan sebagai hiasan.
  • Selimutkan sedotan-sedotan tersebut ke potongan botol di bagian luarnya menggunakan lem.
  • Tempat pensil sudah siap digunakan.

4. Taplak Meja

cara membuat Taplak meja dari sedotan

Sedotan juga dapat digunakan untuk membuat taplak meja. Hal ini membutuhkan keahlian khusus anyaman dan cukup rumit untuk dibuat jika anda tidak terbiasa menganyam.

Baca juga: Kerajinan dari Kain Flanel 

Selain itu membutuhkan ketelitian yang tinggi pula dalam pembuatan anyaman taplak meja ini. Jika anda sudah mahir dalam menganyam sedotan, anda juga bisa membuat alas lainnya yang menggunakan bahan baku ssedotan seperti alas gelas, tatakan vas, dan lain-lain.


5. Sepeda

cara membuat sepeda dari sedotan

Bagi anda yang gemar membuat mainan anak-anak ataupun pajangan, sedotan bisa juga digunakan untuk membuat mainan seperti sepeda. Bentuknya yang mungil dan sederhana akan membuat banyak orang tidak percaya bahwa sepeda tersebut terbuat dari sedotan. Hal Ini merupakan salah satu kreasi yang sangat unik dan merupakan ide yang sangat kreatif.


6. Rumah

cara membuat Rumah dari sedotan

Siapa sangka ternyata rumah mainan semewah ini terbuat dari sedotan! Di tangan seseorang yang sangat kreatif, rumah pun bisa dibuat dengan bahan dasar sedotan. Sedotan warna-warni dikumpulkan dan dipotong-potong menjadi beberapa bagian untuk disambung-sambungkan hingga terbentuklah miniatir rumah seperti ini.

Rumah mainan ini pun bisa dijadikan mainan untuk anak-anak. Mereka bisa bermain dengan boneka favorit mereka dan berimajinasi berada di rumah mini ini. Untuk membuat rumah dari sedotan, diperlukan desain awal pembuatan rumah. Membuat miniature rumah sederhana seperti pada gambar dapat dilakukan tanpa harus membuat desain yang rumit.

Ini bisa dijadikan ide contoh untuk tugas sekolah pada pelajaran seni yang biasanya menyuruh siswanya untuk membuat suatu prakarya dari bahan bekas. Dapat juga menjadi ajaran bagi mereka dalam berkarya yang sederhana.


7. Boneka

cara membuat boneka dari sedotan

Sedotan dapat dipadupadankan juga dengan beberapa bahan bekas lainnya untuk dijadikan boneka. Dengan memadukan bahan bekas seperti kancing, bulu, manik-manik, tangkai, dan lain-lain, boneka berbentuk “stickman” sederhana dapat diciptakan.

Menggunakan boneka sedotan sederhana ini dapat menjadi contoh karakter untuk memperkuat contoh cerita yang disampaikan.

Tidak perlu membuat boneka yang rumit, boneka sederhana seperti ini sudah bisa dijadikan contoh untuk beberapa pajangan sederhana dan juga sebagai property yang dibutuhkan untuk kegiatan story telling, yaitu sebuah kegiatan menceritakan sebuah cerita kepada anak-anak.


8. Lampu

cara membuat kerajinan Lampu dari sedotan

Ternyata rangkaian sedotan dalam jumlah banyak juga dapat menjadi hiasan untuk membuat lampu! Warna putih sedotan yang dipancarkan pada hiasan lampu akan meredupkan cahaya lampu yang dinyalakan sehingga tidak terlalu terang.

Cocok sekali untuk lampu tidur atau kegiatan-kegiatan dan acara di malam hari yang membutuhkan lampu dengan cahaya yang tidak terlalu terang meyilaukan mata untuk memberi kesan malam pada tempat tersebut.


9. Anyaman Sedotan

 

Sedotan dapat dijadikan bahan dasar untuk membuat anyaman. Bagi yang suka menganyam pasti akan memilih sedotan sebagai salah satu bahan untuk membuat anyaman. Anyaman yang kuat akan membuat sedotan menjadi barang yang dapat dipakai untuk kebutuhan sehari-hari.

Untuk membuat anyaman dari sedotan, sebaiknya pilihlah jenis sedotan yang berbahan agak keras dan bisa ditekuk agar nanti ketika dibuat untuk menopang benda tidak akan jatuh terutama jika benda tersebut adalah barang pecah belah.


10. Kalung

cara membuat kalung dari sedotan

Memiliki perhiasan yang cantik tidak harus selalu yang bernilai mahal. Dengan sedotan, anda bisa memiliki kalung yang cantik den bermodel seperti kalung-kalung yang dijual pada umumnya. Tentu saja dengan kreativitas yang dimiliki, kalung ini tidak akan kalah bagus dengan kalung-kalung mahal yang dijual di toko-toko perhiasan.

Untuk membuat kalung dari sedotan, dibutuhkan beberapa bahan-bahan dasar pembuatan kalung lainnya untuk dipadupadankan dengan sedotan sehingga dapat menghasilkan kalung yang bagus dan berfesyen.

Pilihlah sedotan warna-warni namun memiliki bahan dasar yang kaku dan tidak lembek agar kalung mudah dibentuk dan tidak mudah rusak. Jangan simpan kalung di dalam laci yang ditaruh bersama barang-barang lainnya. Sebaiknya digantung saja untuk menghindari kerusakan.


11. Hiasan dinding

cara membuat Hiasan dinding dari sedotan

Sedotan dapat dikreasikan dengan kain flannel untuk membuat hiasan dinding yang unik. Hiasan dinding ini dapat digantung di kamar untuk memberikan dekorasi pada kamar serta menambah keindahan. Dapat juga dijadikan sebagai gantungan nama yang dipajang di pintu kamar untuk menambah hiasab pada pintu.

Anda bisa mengajak anak-anak anda untuk ikut membuat kreasi hiasan dinding tersebut dengan bahan sedotan yang mudah didapat. Hal ini akan memacu kreativitas mereka untuk belajar. Jenis sedotan bermotif lain dapat dikumpulkan dan jika sudah menjadi banyak, dapat dijadikan hiasan dinding seperti pada gambar.

Untuk membuat hiasan tersebut dibutuhkan pembuatan pola dasar, kemudian sedotan-sedotan bermotif dipotong menyesuaikan bentuk pola kemudian ditempel-tempel. Terakhir tambahkan pita motif yang cantik sebagai gantungan untuk memberikan kesan unik dan indah.


12. Hewan

cara membuat kerajinan tangan dari sedotan

Sedotan dapat dikreasikan pula menjadi hewan pajangan. Hal ini juga bisa digunakan sebagai bahan ajar di sekolah untuk memperkenalkan hewan-hewan yang ada di dunia.

Dapat pula dijadikan sebagai figur miniature hutan yang terdapat hewan-hewan sehingga tidak perlu lagi membeli figure hewan-hewan akan mengeluarkan banyak biaya. Ini juga akan membantu menambah wawasan belajar murid di sekolah dasar dalam memahami pelajaran flora dan fauna.


13. Gelang

cara membuat gelang dari sedotan

Ketika membeli minuman di toko-toko atau restoran minuman, pasti akan diberikan sedotan untuk menyeruput minuman tersebut. Sedotan yang terdapat pada minuman biasanya berwarna-warni dan memiliki motif yang unik. Jangan dibuang dulu! Anda bisa memanfaatkan sedotan tersebut menjadi sebuah gelang yang cantik dan juga trendi.


14. Membuat Gantungan kunci dari Sedotan

cara membuat Gantungan kunci dari sedotan

Anyaman dari sedotan bisa juga untuk membuat berbagai bentuk yang unik dan lucu. Bentuk-bentuk tersebut dapat pula dijadikan hiasan gantungan kunci.

Anda hanya perlu menyediakan gantungan kunci nya yang biasa dijual di toko-toko obras kemudian sematkan gantungan tersebut ke bentuk sedotan yang telah dibuat. Kemudian anda bisa memajangnya di tas anda dan membawanya pergi sehari-hari. Orang-orang akan tertarik pada gantungan kunci anda yang sangat unik dan lucu.


15. Membuat Bunga dari Sedotan

cara membuat bunga dari sedotan

Bunga merupakan kreasi sedotan yang paling banyak dibuat oleh orang-orang. Karena membuat bunga dari sedotan adalah cara yang mudah. Bunga dari sedotan dapat dirangkai menjadi satu rangkaian bunga yang dapat dipajang di rumah ataupun di dalam kamar.

Memiliki rangkaian bunga di dalam rumah akan mempercantik hiasan rumah anda tanpa perlu menanam bunga yang sesungguhnya. Karena bunga yang dipetik dan dirangkai hanya dapat bertahan selema beberapa hari, kemudian bunga-bunga tersebut akan jatuh layu meskipun sudah disirami banyak air.


16. Bingkai foto

cara membuat Bingkai foto dari sedotan

Sedotan dapat pula dijadikan hiasan untuk membuat bingkai foto yang unik.

Untuk membuat bingkai foto dari sedotan sebagai berikut:

  • Pertama-tama siapkanlah beberapa buah sedotan dengan warna motif.
  • Lalu siapkanlah kardus.
  • Potong kardus membentuk ukuran frame foto yang diinginkan.
  • Jangan lupa potong persegi pada bagian tengah kardus lapisan atas untuk membuat tampilan foto.
  • Potong-potong sedotan mengikuti bentuk frame, lalu susun dan tempelkanlah sedotan-sedotan tersebut pada bingkai atas sebagai hiasan.
  • Tempelkanlah bingkai yang sudah ditempeli oleh sedotan ke bingkai yang menjadi lapisan bawah, jangan lupa untuk tidak memberikan lem pada semua sisi frame, sisakan bagian atas untuk tidak diberi lem agar dapat memasukkan foto.
  • Masukkanlah foto yang diinginkan ke dalam bingkai, dan frame fotonya sudah jadi!

Leave a Comment