Oleh – Oleh Khas Malang yang Enak, Tahan Lama dan Mudah Didapat

Oleh – Oleh Khas Malang – Hallo pembaca blog setia, kini kita akan membagikan informasi tentang oleh – oleh Malang yang terkenal. Kota Malang merupakan Kota yang berada di Provinsi Jawa Timur yang memiliki beragam tempat wisata dan oleh – oleh yang menarik.

Memang merasa tidak pas ketika berlibur di suatu daerah tidak membawa apa – apa untuk buah tangan orang di rumah. Apalagi kalau berlibur di Kota Malang tidak menuju pusat oleh – oleh Malang bisa jadi kamu menyesalinya sesampai di rumah.

Pada umumnya yang selalu diingat oleh masyarakat tentang makanan khas Kota Malang adalah buah apel nya saja. Padahal disini kamu akan banyak menemukan tempat wisata kuliner di Malang yang enak – enak.

Oleh – oleh khas Kota Malang

Malang merupakan tujuan wisata utama masyarakat dari Jawa Timur maupun luar provinsi. Tetapi kebanyakan wisatawan luar kota yang sering ber wisata di Malang tidak mengetahui makanan dan jajanan khas untuk oleh – oleh yang bisa diberikan pada keluarga dan teman yang ada di rumah. Marilah simak baik informasi mengenai oleh oleh khas Malang berikut ini:


1. Bakpao Telo Malang


Bakpia Telo oleh - oleh khas Malang
Bakpia Telo

Bakpao Telo adalah oleh – oleh khas Malang yang banyak diserbu wisatawan, apalagi di hari libur semester atau akhir tahun dipastikan toko oleh – oleh khas Malang yang menjual bakpao telo tidak ada sepi nya dibanjiri para pembeli.

Bakpao telo hampir sama saja dengan bakpao yang kamu rasakan pada umumnya tetapi ini mempunyai ciri khas dengan bahan dasar telo yang lebih tepatnya telo ungu. Ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh – oleh khas Malang. Kamu bisa langsung mencoba langsung makanan tersebut dan pastinya tidak mungkin kecewa deh.


2. Ledre Pisang Bangka


Ledre Pisang Bangka oleh - oleh khas Malang
Ledre Pisang Bangka

Ini termasuk juga idola dari para wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang yaitu Ledre Pisang Bangka. Oleh – oleh khas Malang ini dinamakan Ledre Bangka karena banyak yang jual jajanan ini di kawasan Jln Bangka.

Ledre Pisang mudah untuk dibawa sebagai oleh – oleh Malang yang dapat dilipat. Mempunyai rasa renyah dan sedikit kres pada waktu digigit serta manis dari buah pisang tersebut.


3. Apel Malang


Apel oleh - oleh khas Malang
Apel Malang

Di Malang yang berdekatan dengan Kota Batu menjadikan apel sebagai oleh – oleh khas Batu Malang. Pada umumnya yang terkenal di Kota Malang ada dua macam jenis apel yaitu apel ana dan apel manalagi.

Ketika berkunjung di Malang kamu tidak perlu repot – repot mencari penjual apel sebab di pasar, mall, pedagang pinggir jalan banyak berjualan buah apel yang khas ini.

Apabila kalau kamu masih belum puas dengan memakan buah apel dari pedagang, kamu bisa langsung makan buah apel dari pohonnya dengan mengunjungi agrowisata kota Batu.

Disana kamu bisa memakan buah apel sampai puas dengan harga yang tidak terlalu mahal dengan masuk ke tempat wisata nya. Akan tetapi kamu hanya bisa makan apel sepuasnya hanya di tempat itu jadi tidak bisa dibungkus dibawa pulang.


4. Pia Malang


Pia Mangkok oleh - oleh khas Malang
Pia Mangkok

Kamu mungkin pernah merasakan pia dari jogja yang terkenal atau pia dari kotamu sendiri? Memang kue pia satu ini dalam berbagai Kota mempunyai ciri khas dari segi bumbu yang digunakan maupun rasa. Di Kota Malang kue ini mempunyai nama Pia mangkok yang memiliki bermacam rasa seperti durian, keju, kacang hijau dan coklat.

Kue Pia sangatlah renyah dalam tekstur kulit luarnya yang kering dan di dalamnya begitu lembut. Makanan ini bisa bertahan sampai 2 minggu dari tanggal produksi. Jadi jangan lupa membawa kue pia mangkok ini sebagai oleh – oleh khas Malang ketika berlibur disini.


5. Bakso Enak di Malang


Frozen Bakso oleh - oleh khas Malang
Bakso Beku President

Makanan khas Malang yang terkenal adalah pada bakso Nya. Bakso yang begitu populer di Kota Malang adalah bakso Malang president. Bila kamu ingin menjadikan bakso sebagai oleh – oleh bisa membawa bakso beku atau istilah keren frozen bakso.

Selain dijual dalam bentuk bakso beku, di pusat oleh – oleh khas Malang pada Jl batanghari dijual juga bumbunya. Jadi meskipun kamu tidak berada di Kota Malang bisa merasakan kenikmatan bakso Malang ini.


6. Sari Apel Malang


Sari Apel oleh - oleh khas Malang
Sari Apel

Memang Kota Malang selalu identik dengan apel nya yang kini ada juga sari apel dari bahan yang segar pilihan. Sari apel yang dijual di pusat oleh – oleh khas Malang sudah terjamin dari apel yang ada di Kota Malang jadi berbeda dengan sari apel yang dibuat dari pemanis buatan.


7. Keripik Apel Malang


Keripik Buah oleh - oleh khas Malang
Keripik Buah

Malang selain terkenal dengan udara yang sejuk ia memiliki tanah yang subur. Sebagian masyarakat Kota Malang lebih memilih berprofesi sebagai petani. Para petani lebih biasa mengolah hasil pertanian menjadi jajanan yang bisa langsung dikonsumsi seperti keripik buah malang ini.

Keripik buah mempunyai rasa yang enak dan gurih yang tentunya bisa awet lebih lama. Keripik buah yang menjadi oleh – oleh khas Malang ini memiliki varian rasa yang antara lain Apel, Nangka, Rambutan dan rasa buah lainnya yang enak.


8. Keripik Tempe Malang


Keripik Tempe oleh - oleh khas Malang
Keripik Tempe

Kota Malang mempunyai salah satu tempat yang kebanyakan masyarakatnya sebagai wirausaha penghasil keripik tempe Malang paling enak. Yang menjadikan keripik tempe ini diburu oleh masyarakat karena sangatlah unik sebab keripik ini memiliki rasa seperti bbq, pizza, jagung manis dan rumput laut.

Kamu dapat berkunjung ke alamat tempe keripik Sanan Malang terbesar di Kampung Sanan, Kec. Belimbing, Malang.


9. Keripik Ceker


Keripik Ceker oleh - oleh khas Malang
Keripik Ceker

Ketika kamu merasa bahwa keripik tempe dan buah terlalu biasa, bisa menjadikan keripik ceker satu ini sebagai oleh – oleh khas Malang. Keripik ceker khas Malang ini di goreng samapi garing yang menjadikan renyah di lidah.
Bila ingin mendapatkan keripik ceker yang renyah dan baik bagi kesehatan ini bisa dijumpai di pusat oleh – oleh khas Malang. Penjual disana umumnya telah mengemas dalam berbagai ukuran dan harga yang dapat kamu sesuaikan sendiri


10. Keripik Kentang Macan


Keripik Kentang Macan oleh - oleh khas Malang
Keripik Kentang Macan

Keripik kentang macan merupakan jajanan khas Malang yang patut kamu bawa pulang. Keripik kentang ini berbeda dengan keripik kentang pada umumnya, keripik kentang macam dibuat dari kentang jenis umbi – umbian.

Yang perlu kamu tahu harga dari keripik kentang macan lumayan tinggi sebab umbi dalam pembuatan keripik ini bila dilihat dari asalnya termasuk beracun akan tetapi para pemroduksi telah mengoplah cukup lama sampai benar – benar kandungan racun hilang


11. Strudel Malang


Malang Strudel oleh - oleh khas Malang
Malang Strudel

Strudel merupakan semacam kue lapis yang di dalamnya berisi aneka rasa dari buah. Mulai dari buah apel, pisang, nanas, strawberry maupun mix fruit

Jajanan Malang strudel ini begitu populer dalam akhir – akhir ini, jadi apabila kamu tidak membawa Malang strudel ini sebagai oleh – oleh bisa jadi menyesal. Sebab Malang strudel hanya dapat dijumpai di Kota Malang saja untuk saat ini.


12. Lumpia Tugu


Lumpia Tugu oleh - oleh khas Malang
Lumpia Tugu

Tidak hanya ada di semarang yang memiliki lumpia lezat. Kota Malang adalumpia juga yang tidak kalah lezat yang bernama Lumpia Tugu. Lumpia Tugu telah lama menjadi oleh – oleh khas Malang sejak tahun 1997.


13. Keramik Dinoyo


Keramik Dinoyo oleh - oleh khas Malang
Keramik Dinoyo

Bila sudah puas belanja makanan maupun cemilan di pusat oleh – oleh khas Malang tidak ada salahnya jika berkunjung juga di sentra pengrajin keramik dinoyo. Disini kamu bisa membeli kerajinan keramik seperti gelas, cangkir dan poci dengan ciri khas Kota wisata Malang.


14. Kaos dan Souvenir Khas Malang


Kaos Malang oleh - oleh khas Malang
Kaos Malang

Tidak dipungkiri apabila berkunjung di Kota wisata selalu menjadikan kaos dan souvenir sebagai oleh – oleh khas dari Malang. Kamu dapat menjumpai kaos khas Malang di pusat oleh – oleh Malang dengan tulisan khas yang unik.


15. Topeng Malangan


Topeng Malangan oleh - oleh khas Malang
Topeng Malangan

Buat kamu yang mencintai seni dan kebudayaan lkal bisa membawa topeng malangan sebagai oleh – oleh khas Malang. Topeng malangan merupakan seni tradisional sejak ratusan tahun lalu peninggalan nenenek moyang.

Kamu bisa menjadikan topen malangan ini sebagai hiasan dinding atau ornamen dalam rumah. Untuk harga nya mulai dari ratusan ribu sampai jutaan tergantung bahan kayu yang digunakan untuk membuat topeng.


16. Batik Malang, Oleh – oleh khas Malang


Batik Malang
Batik Malang

Warna batik Malang lebih menggunakan warna – warna cerah. Sentra Batik Malang terletak pada Kec Sumbermanjing Wetan dan kelurahan Samaan, Klojen.

Begitulah mengenai oleh – oleh khas Malang yang unik dan menarik yang bisa kamu gunakan atau bagikan kepada teman, keluarga maupun orang tersayang di rumah.

Setelah mengetahui berbagai oleh – oleh khas Malang yang ada di atas kini kamu mungkin tidak hanya mengenal buah apel saja kan dari Kota Malang sebagai oleh – oleh. Mari kita belanja 😀

Leave a Comment