Pakaian Adat Jawa Barat (Sunda) Beserta Gambar dan Penjelasannya

Di Pulau Jawa terdapat kekayaan budaya yang salah satunya ada di provinsi Jawa Barat. Jawa Barat memiliki beragam suku antara lain Suku Sunda dan Suku Badui, selain keberagaman suku berbeda pula dari pakaian adat Jawa Barat yang dikenakannya.

Suku sunda sekarang ini sudah menyebar ke dalam pulau – pulau lain di seluruh Indonesia, tidak hanya ada di Jawa Barat saja. Akan tetapi masyarakat sunda kental yang berada di luar Jawa Barat masih mempunyai jiwa untuk mempertahankan peninggalan budaya dari leluhurnya salah satu pakaian adat yang digunakan dalam suatu acara seperti upacara adat, tari – tarian, ini biasanya digunakan juga untuk mendatangi dalam pemilihan.

Suku Sunda di kala dahulu mempunyai 3 jenis pakaian adat yang diurutkan dari segi strata sosial. Kini sudah tidak berlaku lagi bahkan pakaian adat sunda sudah menjadi pakaian resmi tanpa melihat strata sosial bahkan biasa digunakan untuk proses pengantin sunda.

Pakaian Adat Jawa Barat

pakaian adat jawa barat

Untuk Pakaian adat Jawa Barat memiliki keunikan dari pakaian yang berdasarkan umur danĀ  strata sosial nya. Dilihat dari segi strata sosial terdiri dari pakaian adat untuk rakyat jelata, kaum menengah, dan kaum bangsawan.

Pakaian Adat Sunda Untuk Rakyat Jelata

 

Pakaian adat Jawa Barat khususnya sunda bisa dikatakan tidak terlalu istimewa. Kaum lelaki memakai celana panjang sampai betis dan di ikat menggunakan kain ataupun kulit. Untuk bagian atas mengenakan baju salontren dan sarung poleng ditata menyilang digunakan selama kegiatan keseharian.

Pakaian adat sunda menggunakan ikat logen untuk menutup kepala yang berbentuk barangbang semplak serta untuk alas kaki cukup menggunakan sandal tarumpah.

Bagi pakaian adat sunda bagi kaum wanita mengenakan kain batik untuk bawahan, beubeur untuk ikat pinggang, dan kamisol untuk bra. Untuk memperindah tampilan untuk wanita biasa menggunakan rambut hiasan dalam jucung bun, gelang akar bahar, dan cincin polos tapi untuk alas kaki cukup menggunakan sandal jepit atau sandal keteplek.

Sebagai contoh pakaian adat sunda untuk rakyat jelata seperti yang dikenakan pada kang kabayan dan Nyi Letung pada film layar kaca serta Ki Lengser dalam acara Mapag Penganten Sunda. Kaum jelata lebih condong pada seorang buruh tani yang ada di jawa barat

Pakaian Adat Sunda Untuk Kaum Menengah

 

Pakaian adat Jawa Barat satu ini lebih identik pada seorang pedagang atau saudagar. Yang tentu strata sosial lebih tinggi daripada rakyat jelata.

Pakaian adat sunda yang digunakan oleh kaum pria mengenakan baju bedahan putih, kain kebat batik, alas kaki dengan tarumpah serta ikat kepala, biasanya ia menambahkan aksesoris lain yang digantungkan pada saku baju berupa arloji rantai emas.

Sedangkan pakaian adat Jawa Barat untuk wanita menggunakan kain kebat batik sebagai atasan, beuber, selendang serta perlengkepan hiasan yang lain.

Pakaian Adat Sunda Untuk Bangsawan

pakaian adat sunda untuk kaum bangsawan

Untuk pakaian adat kaum bangsawan pria yang digunakan adalah jas tutup yang bahan dasar beludru hitam dengan hiasan sulaman benang emas di ujung dan tepi lengan, kain dodot dengan motif rengreng, sabuk emas, celana panjang, bendo, sabuk emas dan selop hitam.

Sedangkan pada kaum bangsawan wanita mengenakan kebaya berbahan dasar seperti kaum pria, kain kebat, alas kaki yang dihias dengan manik-manik. Untuk mempercantik tampilan bagi kaum wanita menambahkan tusuk konde pada rambut yang disanggul, peniti rantai, dan bros.

Pakaian Adat Sunda Untuk Pengantin

Pakaian Adat Sunda Untuk Pengantin

Pakaian adat jawa barat khususnya dalam hal untuk pengantin terdiri dari 3 bagian:

– Tata Busana Pengantin Putri
– Tata Busana Pengantin Siger
– Tata Busana Pengantin Sukapura

Untuk saat ini yang sering dipakai untuk pasangan pengantin sudah beda dari dulunya, kini sudah di modifikasi untuk menyesuaikan jaman. Akan tetapi pakaian adat jawa barat untuk pengantin sunda tidak diubah secara total hanya pada bagian tertentu saja jadi tidak terlalu menghilangkan ciri asli pakaian adat jawa barat nya.

Di bawah ini adalah gambar pakaian adat Jawa Barat untuk pakaian adat sunda pengantin:

Tata Busana Pengantin Sunda Putri

 

Tata Busana Pengantin Sunda Siger

 

Tata Busana Pengantin Sunda Sukapura

 

Pakaian Adat Sunda untuk Acara Resmi

Di dalam kekayaan budaya wilayah Jawa Barat, kita sering melihat dalam acara pemilihan mojang dan jajaka di Jawa Barat mengenakan pakaian adat tersendiri.Untuk Jajaka mengenakan jas tutup dengan warna hitam, celana panjang, kain yang diikatkan di pinggang, bendo, serta sandal selop.

Untuk para mojang memakai pakaian dari kebaya yang dihias dengan sulam, kain kebat, beubeur, kamisol, dan karembong. Untuk perlengkapan menghias agar lebih menarik para mojang memakai tusuk konde, cincin, giwang, kalung, peniti rantai dan bros.

Itulah tentang keberagaman pakaian adat Jawa Barat yang dapat kami bagikan. Kita perlu bersyukur di Negara Indonesia dalam satu provinvisi mempunyai kekayaan budaya peninggalan dari nenek moyang hanya pada pakaian adat yang digunakan, apalagi dengan daerah lain yang ada Indonesia.

 

Leave a Comment