Menikmati Keindahan Suasana Pantai Sanggar Tulungagung yang Masih Alami

Berminat menikmati indahnya pantai di kota Tulungagung yang masih alami dan jarang wisatawan yang berkunjung, Pantai Sanggar yang berada di Tulungagung bagian selatan ini memang cocok untuk dijadikan pilihan.

keindahan pantai sanggar yang langka

 

Ya, memang karena Pantai Sanggar memiliki banyak alasan yang mengapa anda harus kesini

Apalagi kalau saat ini sedang menikmati liburan  sekolah atau sedang berada di Kota Tulungagung, jadi kurang pas rasanya kalau belum mengunjungi Pantai Sanggar.

Ibarat pepatah seperti sayur tanpa garam.

Beberapa alasan ini mungkin dapat dijadikan promosi atau  tawaran kepada pasangan atau teman anda untuk diajak liburan di pantai yang berada di Tulungagung.

1.  Berkunjung di Pantai Sanggar sama halnya anda berkunjung ke berbagai pantai lainnya yang ada di Tulungagung, pasalnya dekat dengan 2 pantai sekaligus di tulungagung  yang sangat populer di masyarakat jawa timur yaitu pantai pathok gebang (sebelah barat) dan pantai sine (sebelah timur pantai sanggar).

2.  Cocok bagi kalangan muda yang hobi berselfi ria karena terdapat pemandangan ombak yang begitu besar dan masih sedikit orang yang berkunjung kesini menjadikan anda layaknya artis yang penasaran seputar pantai tersebut.

 

 

3. Pantai yang masih begitu terasa alami dan pasirnya pun masih putih dan bersih, bukti nyata yang mungkin anda lihat ialah terdapatnya berbagai biota laut misalnya duri babi dan ikan-ikan kecil yang sembunyi di sela karang.

4.  Bilamana berkunjung sore hari sewaktu air laut surut bisa dimanfaatkan bermain dengan mencari kerang atau sekedar menikmati keindahan bawah laut.

Lokasi
Alamat: Jengglungharjo, Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66283, Indonesia

Proses perjalanan untuk sampai ke Pantai Sanggar memang lumayan ekstrim dan mebutuhkan tenaga lebih yang dikarenankan belum adanya akses jalan memadai untuk  sampai ke bibir pantai dengan mengunakan motor biasa.

tapi tak perlu khawatir

Anda bisa menitipkan sepeda motor di perumahan warga dan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki di sepanjangan perjalanan disuguhkan pemandangan yang luar biasa dan asri yang sangat digemari oleh para petualang sejati

 

Untuk rute perjalanan sebenarnya hampir sama saja ketika anda mengunjungi pantai-pantai lain di bagian selatan Tulungagung.

antara lewat pusat kota atau terminal Tulungagung dapat ditempuh dengan asumsi waktu 2 jam dan jarak kurang lebih 25km .

Kami mencoba menyimpulkan rute sederhana yang dapat anda gunakan untuk berkunjung kesini,memang sedikit rumit untuk rute perjalanannya

tapi jangan khawatir

kami akan mencoba memberi rute sederhana yang mudah dipraktekan.

.

 

  • dari kota Tulungagung silahkan menuju arah selatan dengan mencari kecamatan Campurdarat sampai didapati pertigaan pasar Campurdarat
  • Setelah itu masih dilanjutkan kembali ke arah selatan lagi sehingga bertemu dengan pertigaan SMAN 1 Campurdarat, jika anda dari kota sudah pasti anda harus belok kiri menuju lokasi arah Tanggung gunung
  • Ikuti saja jalanan lebar itu sampai menemukan SMPN  1 Tanggung gunung.
  • Nah, tepat di pertigaan SMPN ada pertigaan, silahkan anda ambil arah kanan sampai ketemu dengan masjid di sebelah kanan jalan.
  • Untuk menuju ke Pantai Sanggar anda perlu melewati jalan samping masjid tersebut
  • Sebenarnya sampai disini anda hampir sampai tapi untuk menuju ke bibir pantai langsung diharapkan untuk jalan kaki saja soalnya jalanannya cukup sulit dan standar pada umumnya.

 

Karena pantai ini masih asing bagi para wisatawan, anda perlu sedikit mengetahui beberapa hal sebelum sampai datang ke Pantai Sanggar:

1. Sebaiknya anda pergi bersama teman yang sudah pernah berkunjung atau bersama rombongan sebab banyak wisatawan luar kota yang akhirnya kebingungan dan akhirnya tersesat.
2.Anda datang kesini berarti anda harus siap berjalan kaki, tapi tidak perlu menyesal karena di sepanjang perjalanan anda dimanjakan oleh pemandangan yang menawan.


3.Bawalah motor yang kuat dan kokoh bilamana di perjalanan ada tanjakan temen anda tidak perlu turun bila motor tidak kuat 😀
4.Jangan kaget bila hanya menemui gubuk kecil tanpa ada orang yang berjualan karena mereka memang berjualan  di hari liburan atau minggu saja, jadi diharapkan membawa bekal dan minuman dari rumah.
5.Kebanyakan wisatawan disini susah mencari tempat untuk kencing atau buang air besar yang disebabkan belum dibangunnya kamar mandi karena pantai ini belum dikelola pemerintah dan hanya dikelola oleh warga sekitar dengan sumbangan sukarela.
6.Disini belum ada penjaga pantai dan ombak di pantai sanggar yang lumayan besar, itu mengapa diharapkan jika bermain dipinggir pantai diharapkan hati-hati.
7.Anda harus siap sulit berkomunikasi dengan teman anda  lewat jaringan seluler maupun internet, yang memang masih belum terjangkaunya sinyal yang memadai
8.Seperti kata diatas saya berharap anda bersama rombongan harus kompak untuk menghindari hal yang kurang diinginkan, sebab Pantai Sanggar begitu jauh dari pemukiman warga sekitar

Pesan setelah sampai disini diharapkan menjaga kebersihan dan ekosistem yang ada, agar pemandangan yang indah tetap terjaga dan menghargai warga sekitar yang ikut andil dalam perawatannya.

Oh iya untuk menikmati pantai yang begitu eksotis dan memikat ini anda hanya dikenai tiket masuk sukarela untuk membantu pembangunan yang mendukung seperti kamar mandi

Itupun hari minggu dan liburan saja yang menjaga sebelum masuk pantai tersebut, jadi anda kalau datang selain hari itu sama halnya dengan liburan gratis yang menyenangkan.

 

 

UPDATE TERBARU

Untuk sekarang ini telah dilakukan MoU bersama Pemkab Tulungagung serta Perhutani yang sehingga pengembangan Pantai Sanggar di Tulungagung, untuk progres pertama ialah dengan dibangunnya akses perjalanan menuju pantai, pos penjagaan, serta kamar mandi

Sehingga Pantai Sanggar akan mudah untuk akses jalannya beserta bikin nyaman para wisatawan yang berkunjung.

 

 

 

 

Leave a Comment