Kumpulan 9+ Tempat Wisata Terbaru di Tulungagung yang Sayang Jika Kamu Lewatkan

Wisata Tulungagung – Tulungagung ialah salah satu kota yang terletak di bagian selatan wilayah Jawa Timur atau tepatnya berada di dekat pesisir. Wilayah Kabupaten Tulungagung terdiri dari dataran rendah hingga penggunungan. Tak heran jika terdapat banyak tempat wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Kota yang satu ini terkenal dengan penghasil marmer terbesar di Indonesia yang sekaligus terkenal wisata alam yang mempesona Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan menyajikan tempat wisata yang berada di kota Tulungagung.

Sebelum membahas lebih dalam tentang beberapa destinasi wisata Tulungagung yang indah dan mempesona ini, Ada baiknya berkenalan terlebih dahulu dengan kota satu ini.

Penamaan Kota Tulungagung memiliki dua macam versi yang pertama kata “Pitulungan Agung” (pertolongan yang agung) dan versi yang kedua adalah tulung artinya sumber yang besar, sedangkan agung artinya besar.

Tunggu apalagi, Ini saatnya saya akan membahas langsung tentang destinasi tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi. Berikut ini beberapa diantarannya:

1. Tempat Wisata Tebing Banyu Mulok di Tulungagung

tebing banyu mulok tulungagung
galihprihan.blogspot.com

Masih berada di sepanjang pantai pantai selatan Tulungagung, Tebing Banyu Mulok kemungkinan masih belum banyak orang mengetahui. Bila anda ingin berkunjung kesini belum bisa 100% menggunakan kendaraan karena jalan menuju tempat wisata ini belum memadai.

Akan tetapi apabila telah sampai di Tebing Banyu Mulok kamu dapat menikmati munculnya pelangi apabila beruntung serta pemandangan deburan ombak yang naik ke atas bukit.

Tebing Banyu Mulok menghadap langsung dengan Samudera Hindia jadi disarankan perlu hati – hati bila berfoto atau menikmati keindahan wisata di tempat ini. Letak wisata Tebing Banyu Mulok berada di samping Pantai Coro atau kurang lebih 15 km dari Pantai Popoh.

 

2. Tempat Wisata Pantai Kedung Tumpang di Tulungagung

pantai kedung tumpang
Yukpiknik.com

Tulungagung memang selalu memberikan tempat wisata baru yang tidak ada habisnya untuk dikunjungi, terutama keindahan pantainya. Nah, salah satu pantai di Tulungagung yang populer akhir-akhir ini adalah Pantai Kedung Tumpang

Pantai yang terletak di desa Kedung Tumpang, Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung ini mengundang banyak wisatawan berkunjung kesini bahkan televisi nasional pun juga pernah mengabadikan wisata Pantai Kedung Tumpang. Pantai ini sering dijadikan tujuan utama bagi wisatawan luar kota untuk menikmati keindahan pantai yang ada di Tulungagung.

Pemandangan di Pantai Kedung Tumpang terlihat tebing karang yang berbentuk lubang-lubang alami sehingga membentuk laguna yang menjadikan sungguh indah.Air yang ada di Pantai Kedung Tumpang pun begitu biru dan jernih, tak sedikit orang yang berkunjung kesini tidak tahan untuk bisa berenang dan mengabadikan momen yang ada.

3. Tempat wisata Air Terjun Jurang Senggani di Tulungagung

Keindahan Air Terjun Jurang Senggani
posjatim.com

Bagi kamu yang sudah mengunjungi hampir seluruh pantai di Tulungagung, tidak ada salahnya jika kini kamu mencoba menikmati keindahan air terjun yang menjadi surga tempat wisata di Tulungagung.

Air terjun senggani yang terletak di lereng Gunung Wilis, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur ini berada pada ketinggian 1200 M dari permukaan laut. Air terjun ini masih alami dan belum banyak tersentuh tangan – tangan jahil yang cocok untuk jadikan daftar urutan wisata yang wajib dikunjungi.

4. Tempat Wisata Pantai Pathok Gebang di Tulungagung

Wisata Pantai Pathok Gebang Tulungagung
google.co

Pantai Pathok Gebang terletak di kecamatan Tanggung gunung, pantai ini cukup indah dan menarik untuk dikunjungi. Keindahan yang khas ialah disini kamu bisa melihat deburan ombak dari laut yang menghantam karang sampai menjulang tinggi ke atas.

5. Tempat Wisata Pantai Coro di Tulungagung

pantai coro tulungagung
galihprihan.blogspot.co

Tempat wisata Tulungagung memang tidak ada habisnya kalau membahas pantai, salah satunya Pantai Coro yang terletak tidak jauh dari Pantai Popoh.

6. Tempat Wisata Air terjun Lawean

Tempat Wisata Air Terjun Lawean
Ibnuwajak.id

Satu lagi tempat wisata air di Tulungagung yang cukup fonemenal ialah Air Terjun Lawean yang terletak di lereng Gunung Wilis

Untuk sampai di lokasi ini perlu berjalan kaki selama +3 jam dari pasar Sendang. Untuk sampai di Air Terjun Lawean yang ada di dusun Turi, desa Geger, kecamatan Sendang, Tulungagung kamu perlu melewati sungai sebanyak 7 kali dan hutan pinus dan mahoni.

7. Tempat Wisata Ranugumbolo

Ranu Gumbolo Kabupaten Tulungagung
kacamatawisata.com

Wisata yang berada pada sekitaran Bendungan Wonorejo, ini dinamakan dengan Ranugumbolo karena hampir mirip dengan wisata Ranukumbolo yang sudah ada di Lumajang.

8. Tempat Wisata Telaga Ngambal

rute dan lokasi telaga ngambal
explorewisata.com

Ada satu lagi tempat untuk berselfiria bagi kamu dengan mengunjungi telaga ngambal yang sangat mengasyikan. Telaga ini banyak menjadi perbincangan di media sosial. Yang perlu diingat ketika datang kesini perlu berfoto di ujung jembatan yang mirip dermaga di area lokasi Telaga Ngambal karena pemandangan yang menarik. Dan tidak lupa membawa pasangan sah masing – masing sebab pengelola tidak menyediakannya.

9. Tempat Wisata Pantai Gemah

Pantai Gemah Tulungagung
wisatalova.com

Yang masih hangat mengenai tempat wisata di Tulungagung dan menjadi primadona ialah Pantai Gemah. Ombak yang berada di pantai selatan dan masih tersembunyi ini memiliki ombat yang cukup tenang jadi cocok bagi para wisatawan untuk bersantai.

Letak pantai Gemah berada di desa Keboireng, kecamatan Besuki, kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Setelah jalur lintas selatan sudah bisa dilalui banyak para wisatawan yang penasaran dengan adanya Pantai Gemah yang memiliki pasir coklat dan ombak yang bersahabat.

Menurut para penjaga di pantai gemah pada libur sekolah atau liburan tahun baru peningkatan wisatawan yang berkunjung tumpah ruah. Wisatawan datang tidak hanya dari Tulungagung akan tetapi banyak masyarakat kota tetangga yang berkunjung disini.

Ombak di Pantai Gemah cocok bagi anak – anak yang ingin bermain di pinggir pantai sebab lokasinya yang ada di sebuah teluk jadi tidak menghadap langsung dari laut selatan.

Di sepanjang pinggir pantai terdapat pohon cemara yang rindang dan dapat dijadikan wisatawan berteduh dari teriknya matahari.

Untuk saat ini Pantai Gemah masih dikelola oleh warga sekitar jadi untuk tiket masuknya terbilang cukup murah.Bila anda berkunjung kesini membawa sepeda motor dikenai tarif 3rb dan 5rb untuk mobil jadi tidak dikenakan tarif setiap orang. Itupun biaya segitu sudah termasuk biaya penitipan kendaraan anda dan untuk mengelola dan menambah fasilitas Pantai Gemah.

 

Leave a Comment